Friday, April 17, 2009

Sejarah dan Pengertian DNS (Domain Name System)

Sejarah DNS(Domain Name System)

Sebelum dipergunakannya DNS, jaringan komputer menggunakan HOSTS files yang berisi informasi dari nama komputer dan IP address-nya. Di Internet, file ini dikelola secara terpusat dan di setiap loaksi harus di copy versi terbaru dari HOSTS files, dari sini bisa dibayangkan betapa repotnya jika ada penambahan 1 komputer di jaringan, maka kita harus copy versi terbaru file ini ke setiap lokasi. Dengan makin meluasnya jaringan internet, hal ini makin merepotkan, akhirnya dibuatkan sebuah solusi dimana DNS di desain menggantikan fungsi HOSTS files, dengan kelebihan unlimited database size, dan performace yang baik. DNS adalah sebuah aplikasi services di Internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address. Sebagai contoh, www untuk penggunaan di Internet, lalu diketikan nama domain, misalnya: yahoo.com maka akan di petakan ke sebuah IP mis 202.68.0.134. Jadi DNS dapat dianalogikan pada pemakaian buku telepon, dimana orang yang kita kenal berdasarkan nama untuk menghubunginya kita harus memutar nomor telepon di pesawat telepon. Sama persis, host komputer mengirimkan queries berupa nama komputer dan domain name server ke DNS, lalu oleh DNS dipetakan ke IP address.

Pengertian DNS(Domain Name System)

Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet dimana DNS memiliki keunggulan seperti:

  1. Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer cukup host name (nama Komputer).

  2. Konsisten, IP address sebuah komputer bisa berubah tapi host name tidak berubah.

  3. Simple, user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet maupun di Intranet.


DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon. Dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address. Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke komputer yang lain, akan menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk mencek host name yang anda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer lainnya.

source : http://www.topcrewsite.info/
referensi lain : http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Penamaan_Domain

9 comments:

thegands said...

berubah haluan ya nek? jadi ngomongnya sekarang menjurus ke networking?

neki arismi said...

hahaha.. ngeh aja lw gand!
mslh'y gini, gw kadang suka bingung sndiri kl org2 pd ngomongin ttg networking. ogah bgd kan kl cengo sndiri :P

thegands said...

ya jelas saya ngeh lah. wong saya juga bisa network(dikit2).. hahaha...

raiderhost said...

wach keren juga nieh artikelnya..

sangat2 jelas :D

Permana said...

Lam kenal mas..

client0097 said...

loh...neki kan seorang gadis...kog mas:))wkwkwkwkw

neki arismi said...

lupakan~

KOMUNITAS PELAJAR ILMU KOMPUTER INDONESIA said...

Teori bekerja DNS

Pengelola dari sistem DNS terdiri dari tiga komponen:
1. DNS resolver, sebuah program klien yang berjalan di komputer pengguna, yang membuat permintaan DNS dari program aplikasi.
2. recursive DNS server, yang melakukan pencarian melalui DNS sebagai tanggapan permintaan dari resolver, dan mengembalikan jawaban kepada para resolver tersebut;
3. authoritative DNS server yang memberikan jawaban terhadap permintaan dari recursor, baik dalam bentuk sebuah jawaban, maupun dalam bentuk delegasi (misalkan: mereferensikan ke authoritative DNS server lainnya)
thanks before...

Semoga bermanfaat.

Salam dari kami :
KOMUNITAS PELAJAR ILMU KOMPUTER INDONESIA

sutikno said...

ok, thx, mampir ya ke blog aku, http://www.sutixno.blogspot.com