Wednesday, January 14, 2009

Seputar Istilah Selular

AMPS
AMPS (Advanced Mobile Phone Service) adalah nama asal untuk layanan telepon seluler, yang dikembangkan oleh Bell Labs dan dirilis pada tahun 1978 di Chicage. AMPS menunjukan layanan telepon seluler analog.

CDMA
CDMA (code division multiple access) adalah teknik modulasi spektrum-tersebar (spread-spectrum) digital yang digunakan pada peranti komunikasi personal seperti telepon genggam. Tidak seperti teknik TDMA yang digunakan untuk GSM. CDMA tidak menggunakan frekuensi khusus untuk setiap pengguna tetapi setiap saluran menggunakan spektrum yang tersedia. Teknik CDMA mengubah data pembicaraan menjadi bentuk digital dan menambahkan padanya kode frekuensi khusus. Data ini kemudian disebar kedalam rentang frekuensi dengan pola yang acak-semu (pseudorandom) dan peranti penerima data diperintahkan untuk hanya menguraikan data yang terkait dengan kode tertentu untuk merekonstruksi sinyal. CDMA pada awalnya adalah teknologi militer yang digunakan selama Perang Dunia II oleh sekutu Inggris untuk menggagalkan usaha jerman untuk mengganggu transmisi. Para sekutu Inggris memutuskan untuk menggunakan beberapa frekuensi untuk menyulitkan jerman mengambil sinyal yang lengkap.

FDM
FDM (frequency division multiplexing) adalah teknik multiplexing yang menggunakan frekuensi yang berbeda-beda untuk menggabungkan beberapa aliran data untuk transmisi melalui sebuah media komunikasi. FDM memberikan frekuensi pembawa diskrit kepada setiap aliran data dan kemudian menggabungkan beberapa frekuensi pembawa yang termodulasi untuk transmisi. Sebagai contoh, transmiter televisi menggunakan FDM untuk memancarkan beberapa kanal sekaligus.

GPRS
GPRS (General Packet Radio Service) adalah standard komunikasi nirkabel yang bekerja pada kecepatan 150 kilobit per detik. Sistem GSM (Global System for Mobile Communications)hanya mampu mengirimkan data sampai 9,6 kilobit per detik. GPRS yang mendukung berbagai bandwidth ini, adalah cara yang efisien untuk memanfaatkan bandwidth yang terbatas, khususnya untuk mengirim dan menerima data yang banyak, seperti e-mail dan sewaktu melakukan browsing Web.

GSM
GSM (Global System for Mobile Communications) adalah standard yang digunakan untuk komunikasi seluler yang banyak digunakan di Asia dan Eropa. GSM pertama kali diperkenalkan pada 1991 dan sekarang layanan GSM tersedia di lebih 100 negara di dunia. GSM menggunakan narrowband TDMA yang memungkinkan delapan panggilan telepon secara simultan pada frekuensi radio yang sama.

SMART SAVE DUALSIM
SMART SAVE DUALSIM adalah teknologi yang memberikan solusi bagi mereka yang memiliki dua nomer kartu operator atau lebih dengan 1 HP.

TDM
TDM (time division multiplexing) adalah jenis multiplexing yang menggabungkan aliran data dengan memberi setiap aliran sebuah slot waktu yang berbeda dengan yang lainnya. TDM secara berulang mentransmisi serangkaian slot waktu yang tetap melalui kanal transmisi tunggal.

0 comments: