Thursday, June 10, 2010

Saat ini adalah saat yang tepat untuk membeli iPhone bukan iPad



Tanggal 7 Juni 2010 secara resmi Apple memperkenalkan iPhone 4 pada acara Konferensi Developer Dunia 2010. Berbicara mengenai iPhone yang baru, saya sarankan ini adalah produk yang bagus untuk dimiliki bagi yang belum memilikinya dibandingkan produk iPad. Kenapa produk ini saya bilang bagus untuk dimiliki dibandingkan iPad? Karena produk ini sudah menyematkan fitur-fitur yang terbaik untuk saat ini walaupun masih ada beberapa fitur yang menurut saya perlu ditambahkan.

Apa saja fitur yang bagus itu adalah :

1. Dibandingkan pendahulunya, iPhone 4 memiliki desain yang lebih ramping dari bahan stainless steel dengan layar tahan goresan. Desain yang ramping juga ada pada iPad sehingga bentuk dari iPad sangat menggiurkan dan futuristic.
2. Adanya kamera sisi depan dengan kualitas VGA untuk fasilitas video chat dengan menggunakan WiFi dan kamera belakang untuk memotret dengan kualitas 5 MP yang sudah tentu dengan salah satu fitur andalannya yang bisa memilih sendiri titik focus yang diinginkan. Dalam iPad hal ini belum disematkan, padahal fitur ini sudah disematkan dalam iPhone dan gadget-gadget yang lain. Makanya saya sarankan tunda dulu membeli iPad hingga keluar generasi berikutnya yang mudah-mudahan saja fitur ini sudah disematkan.
3. iPhone 4 juga telah menggunakan A4 prosesor (sama dengan yang dimiliki oleh iPad) sehingga memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan iPhone pendahulunya serta mampu membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan. Karena menggunakan processor yang bisa dibilang sama dengan iPad maka iPhone ini layak untuk dibeli karena processor ini terbukti memiliki kecepatan yang tinggi dengan tetap memiliki frekuensi kerja yang kecil sehingga sangat bagus dalam daya tahan baterai.
4. Selain dikarenakan sudah menggunakan A4 prosesor iPhone versi ini juga telah memperbaiki teknologi baterai sehingga bisa bertahan lebih lama. Baterai dapat digunakan untuk 7 jam bicara, 6 jam jelajah internet dengan 3G, 10 jam jelajah internet dengan Wi-Fi, dan 300 jam (12,5 hari atau hampir 2 minggu an) dengan kondisi standby. Ini sudah dibilang peningkatan yang cukup signifikan dari segi daya tahan baterai. Dulu saya pernah memakai PDA O2 XDA Atom yang baterainya setiap hari musti di-charge. Dan setelah saya menggunakan Nokia E71 saya merasa benar-benar nyaman karena baterainya bisa bertahan dalam kondisi standby hingga hamper satu minggu. Nah iPhone mengklaim bisa standby hingga hampir 2 minggu-an bukannya ini suatu hal yang hebat? Kalo dibandingkan iPad saya rasa satu dua saja, dimana baterai iPad bisa bertahan hingga 1 bulan-an.
5. Adanya fitur ibook atau fitur untuk membaca buku elektronik sama dengan fitur yang dimiliki oleh iPad, sehingga dengan arah trend teknologi saat ini yang sepertinya ebook dan sejenisnya akan booming, maka sudah sepatutnya kita memiliki satu gadget yang dapat mendukung teknologi ini.
6. Satu hal lagi yang benar-benar membuat saya tertarik adalah fitur display pada iPhone 4 ini sudah mengadopsi display IPS seperti halnya iPad ataupun iMac yang oleh pihak Apple disebut dengan istilah Retina Display. Dan saya pribadi sudah memiliki iMac dan bisa menyatakan dengan pasti bahwa layar iMac ini benar-benar tajam dan terang beda dengan layar-layar LCD komputer biasa. Sehingga apabila iPhone menggunakan system layar yang sama dengan iMac maka bisa dipastikan ketajaman layar ini di atas gadget-gadget yang lain. Padahal Nokia E71 yang saya miliki saat ini saja saya pandang layarnya sudah sangat tajam, apalagi iPhone 4 yang sudah mengadopsi layar IPS sudah pasti layarnya lebih tajam lagi.

Jadi dengan fitur-fitur unggulan di atas sudah selayaknya menurut saya untuk membeli gadget itu. Sedangkan untuk iPad nanti dulu menunggu release generasi berikutnya yang mudah-mudahan saja pihak Apple berbaik hati untuk :

1. Menyematkan kamera, syukur-syukur kamera yang disematkan 2 buah di depan dan di belakang.
2. Menyematkan port USB untuk kemudahan perpindahan data dari gadget ke komputer atau sebaliknya.
3. Menyematkan kemampuan untuk menelepon dan SMS sama seperti kemampuan yang dimiliki iPhone 4.
4. Menyematkan kemampuan untuk printing dokumen . Kemampuan ini pun sebenarnya tak ada salahnya untuk disematkan pada iPhone baik via Wifi ataupun via port USB.

Saya rasa dengan 4 kemampuan baru di atas, saya tidak akan berfikir panjang untuk memiliki iPad. Jadi untuk saat ini saya rasa hal terbaik yang bisa saya lakukan adalah menunggu di tahun-tahun berikutnya mudah-mudahan iPad release selanjutnya menyematkan 4 kemampuan di atas. Dan untuk sekarang saya sarankan lebih baik Anda membeli iPhone 4 karena iPhone 4 saat ini adalah gadget yang bukan saja indah tapi juga memiliki tampilan layar yang tajam jauh di atas gadget-gadget yang bertebaran di pasaran.


source : http://z4ki.wordpress.com/

10 comments:

mareas nami sipayung said...

Oke deh.....
(ngga niat banget komentnya,tadinya mau nge bacot di chat box...tp aneh,chat box di mana² pada ngehe yak?) :nohope:

neki chan said...

`ngehe` apa sih kak ?
hahaha ..
bahasanyeeee yas yasss

ismi said...

waduh... ane aj sukur punya hape butut ini...
buat beli apple keknya harus jual sawah ama kebo nya bokap dolo :lol:
maklum orang tak berpunya..

neki chan said...

@mba ismi : masih mending doung situ punya warisan kebo ama sawah :P kebeli kok tuh ipon. hehehe

ArdainZzZ said...

Belum tepat :P
Saya tidak punya cukup dana untuk membelinya
haha

neki chan said...

@ArdainZzZ : makanya keluarkan segenap harta yg kau punya biar cukup :P

ismi said...

eeeeeeh, ternyata sawahnya udah dijual... kebonya udah mati..
priben kuwe :cry:

ArdianZzZ said...

Wakaka, sadis :P
btw gw milih iPad daripada iPon

Padly said...

Idem sama Mas Ardian, aku juga milih iPad. Harganya kan lebih murah daripada iPhone :D

arie iswadi said...

Cuma bisa lihat doang, lagi gak ada uang untuk membelinya.
sukses selalu