Thursday, January 29, 2009

Apakah Firefox Extension?



Mozilla Firefox (atau biasa disebut Firefox saja) merupakan salah satu browser gratis dan open source dengan dukungan crossplatform, yang mendukung sistem operasi Windows, Mac OS X, dan keluarga Linux. Firefox memang memiliki cukup banyak keunggulan, yang membawa browser ini meraih sederet penghargaan dan pujian dari majalah-majalah terkemuka. Artikel ini menitikberatkan pada salah satu kemampuan andal Firefox, yaitu Firefox Extension. Firefox Extension menyediakan environment dan tools bagi programmer seperti Anda, untuk menciptakan extension Anda sendiri. Extension dapat diartikan sebagai perluasan fitur atau add-on. Firefox menyediakan JavaScript Console dan DOM Inspector untuk keperluan itu, selain tentunya Anda harus memahami prinsip kerja Firefox Extension terlebih dahulu. Extension dapat didistribusikan dan diinstal pada browser Anda. Beberapa contoh extension yang telah siap pakai, dan dapat Anda temukan di Internet adalah:


  1. ChatZilla.

  2. Bagi Anda yang tidak dapat hidup satu hari saja tanpa chat, dapat menggunakan extension ini untuk menukar informasi dan gosip melalui browser Firefox. ChatZilla merupakan sebuah IRC client yang berjalan pada browser Firefox, dan SeaMonkey.
  3. Talkback

  4. Jika browser Firefox atau produk Mozilla Anda yang lain (misalnya Mozilla Thunderbird) mengalami crash, maka extension Talkback secara otomatis dapat melaporkannya kepada server Mozilla.
  5. FlashGot

  6. Merupakan extension untuk menangani proses download dengan beberapa download manager external. FlashGot juga mendukung metalink untuk mengirimkan informasi mirror dan checksum untuk mempercepat proses download.
  7. IETab

  8. Extension ini memungkinkan Anda untuk menampilkan suatu halaman web, dengan menggunakan engine browser Internet Explorer, sementara halaman tersebut tetap terbuka pada browser Firefox. Hal ini berguna untuk menampilkan halaman yang hanya dapat dibuka dengan baik oleh Internet Explorer.
  9. Sage

  10. Browser Firefox Anda juga dapat berfungsi sebagai RSS reader/aggregator dengan menggunakan extension ini. Masih terdapat banyak extension lainnya dengan fungsi masing-masing, tidakkah Anda mulai tergerak untuk membuat extension yang Anda inginkan? Sebelum membuat sendiri Firefox Extension, Anda perlu menguak Firefox lebih dalam, khususnya yang nantinya akan berhubungan dengan pemrograman Firefox Extension.



About:config
Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana menampilkan konfigurasi Firefox. Firefox memiliki konfigurasi untuk pengaturan preferensi pengguna, misalnya halaman default Firefox setiap kali dijalankan, font yang digunakan, informasi mengenai extension, dan lain sebagainya. Melalui sebuah perintah sakti, Anda dapat melihat dan mengedit konfi gurasi Firefox. Ketikkan about:config pada address bar Firefox, maka daftar konfi gurasi akan tampil, dan dapat diedit dengan melakukan klik ganda pada item yang Anda inginkan. Melalui layar ini, Anda bahkan dapat melakukan pencarian item tertentu, dengan mengisi Filter dengan kata tertentu.

DOM Inspector
Hal lain yang wajib Anda ketahui jika ingin membuat Firefox Extension adalah DOM Inspector. DOM Inspector merupakan sebuah tool yang berfungsi untuk memeriksa dan mengedit Document Object Model (DOM) dari website tertentu atau sebuah aplikasi XUL. XUL adalah XML User Interface Language, sebuah bahasa yang dikembangkan oleh Mozilla, dan menggunakan standar web dan teknologi, seperti CSS, JavaScript, dan DOM. Tampilan DOM Inspector membentuk hierarki yang dapat dinavigasi. Anda dapat mengaktifkan DOM Inspector dari menu Tools pada Firefox, atau menekan kombinasi tombol CTRL + SHIFT + I. Jika Firefox Anda tidak memiliki DOM Inspector, cobalah melakukan instalasi ulang Firefox dan memilih Custom Install, kemudian pastikan Anda memilih DOM Inspector.

JavaScript
Tentunya JavaScript sudah bukan nama baru bagi Anda yang telah berkecimpung dalam dunia pemrograman web, sehingga tidak mengherankan bahwa untuk membuat Firefox Extension, juga mengikutsertakan JavaScript sebagai salah satu bahasa pendukungnya. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan JavaScript tetapi memiliki dasar pemrograman, Anda tidak perlu kuatir karena JavaScript memiliki struktur yang sederhana dan mudah dipahami.

1 comments:

hanum said...

wah.. wah.. lengkap sekali. Numpang di-share ya Mas infonya buat newbie. Makasih ya ^_^