Thursday, February 5, 2009

Microsoft Umumkan 6 Edisi Windows 7






Apabila Anda berharap Microsoft tidak akan menawarkan Windows 7 dalam banyak versi yang membingungkan seperti Vista dan mengikuti saingannya Apple yang hanya merilis satu versi OS dengan semua fitur, Anda tampaknya akan menjual kecewa. Seperti dilaporkan sebelumnya, ada beberapa hal yang mengindikasikan bahwa Windows 7 akan tersedia dalam beberapa jenis varian dan kini, Microsoft telah mengumumkan semua edisi Windows 7 secara resmi: akan ada 6 versi yang berbeda dari Windows 7.

Berikut adalah ikhtisarnya:

  1. Windows 7 Starter Edition - untuk netbook dan negara berkembang, hanya mampu menjalankan 3 aplikasi secara bersamaan.

  2. Windows 7 Home Basic - juga untuk negara berkembang.

  3. Windows 7 Home Premium - versi ini memberi Anda Windows Media Center dan fitur lain untuk digunakan di rumah.

  4. Windows 7 Professional - sama dengan Windows Vista Business, dengan tambahan beberapa fitur keamanan.

  5. Windows 7 Enterprise - versi ini akan dijual dalam jumlah besar untuk korporat.

  6. Windows 7 Ultimate - memiliki banyak fitur dari versi Enterprise, namun akan dijual kepada konsumen.



Microsoft mungkin akan memasangkan harga yang berbeda untuk setiap versi. Satu hal yang cukup menarik adalah Starter Edition ditujukan kepada netbook, walaupun Windows 7 Ultimate beta telah dilaporkan untuk bekerja baik pada mini-laptop murah seperti Asus Eee PC. Masalahnya Microsoft tidak mungkin meminta vendor komputer untuk membayar harga penuh untuk lisensi sistem operasi yang akan dijual bersama dengan sebuah laptop seharga $300. Jadi perusahaan membuat versi Starter Edition dengan harga murah untuk kemudian dikemas ke dalam PC dengan harga yang lebih murah.

Update: sebelumnya Microsoft pernah menawarkan software Starter Edition untuk konsumen di negara berkembang. Namun Windows 7 Starter Edition sedikit berbeda karena Microsoft juga akan menawarkan varian ini kepada konsumen di negara maju untuk pertama kalinya, tetapi hanya kepada segmen industri yang mencari sistem operasi berbiaya rendah untuk netbook.

0 comments: